Jam Catur – Jenis dan Penggunaan

Jam catur adalah alat yang digunakan untuk mengukur waktu yang tersisa bagi setiap pemain untuk menyelesaikan gerakannya. Meskipun awalnya dibuat untuk catur, jam seperti itu dapat digunakan di setiap permainan berbasis giliran dua pemain.

Premisnya sederhana: setelah seorang pemain bergerak, dia menekan tombol yang terletak di sisi jamnya. Menekan tombol ini menghentikan jamnya dan memulai jam lawannya. Kemudian lawan bergerak dan menekan tombolnya, yang menghentikan jamnya dan memulai jam pemain pertama lagi. Proses tersebut diulangi sampai permainan selesai atau jual jam digital masjid salah satu pemain kehabisan waktu.

Ada dua jenis utama jam catur: analog dan digital.

Jam analog terdiri dari dua wajah jam dan dua tombol (satu untuk setiap pemain). Setiap tampilan jam berisi “bendera” plastik kecil di dekat angka 12. Bendera ini naik saat jarum mendekati 12 dan kemudian jatuh untuk menunjukkan bahwa pemain kehabisan waktu. Karena itu, pecatur sering menggunakan kata kerja “to flag”, yang artinya sama dengan “kalah tepat waktu”.

Jam digital memiliki tampilan elektronik, bukan tampilan jam. Ini dapat diprogram, memungkinkan pengaturan kontrol waktu yang berbeda dengan mudah. Jam catur digital menawarkan akurasi lebih dari jam analog, dan menampilkan jual running text waktu yang tersisa secara tepat kepada pemain.

Game dimainkan dengan “kontrol waktu” yang berbeda, dari yang sangat cepat hingga yang sangat lambat. Beberapa contoh:

Yang “klasik”, saat ini digunakan untuk pertandingan Kejuaraan Dunia dan banyak turnamen tingkat atas adalah sebagai berikut: “120 menit untuk 40 gerakan pertama, 60 menit untuk 20 gerakan berikutnya dan kemudian 15 menit untuk sisa permainan ditambah satu tambahan 30 detik per gerakan mulai dari gerakan 61” .

Kontrol waktu “FIDE”, digunakan untuk banyak acara yang diselenggarakan oleh FIDE (Fédération Internationale des checs) dan di banyak turnamen adalah “90 menit untuk 40 gerakan pertama diikuti oleh 30 menit untuk sisa permainan dengan tambahan 30 detik per bergerak mulai dari langkah satu” .

Kontrol waktu untuk Kejuaraan Dunia “cepat” adalah “25 menit untuk permainan ditambah 10 detik per gerakan” .

Kontrol waktu untuk Kejuaraan Dunia “blitz” adalah “3 menit untuk permainan ditambah 2 detik per gerakan” .

Kontrol waktu yang berisi “increment”, yang merupakan jumlah waktu yang ditambahkan ke total waktu pemain sebelum setiap gerakan, hanya dapat dilakukan dengan jam digital. Jam analog tidak memiliki opsi seperti itu.

Kedua jenis jam mendukung “peluang waktu”, yang berarti bahwa pemain memulai permainan dengan jumlah waktu yang berbeda. Ini terkadang digunakan untuk mengimbangi perbedaan kekuatan di antara para pemain.

Jam biasanya ditempatkan di sisi kiri di papan (jadi pemain putih memilikinya di sisi kirinya, dan pemain hitam di sisi kanannya). Selama permainan, jam harus ditangani dengan tangan yang sama yang digunakan untuk mengeksekusi gerakan. Memindahkan potongan-potongan dengan satu tangan sambil menjaga yang lain pada jam tidak diperbolehkan. Juga tidak diperbolehkan menekan tombol dengan kekuatan berlebihan.

Ketika salah satu pemain kehabisan waktu, dia kalah dalam permainan. Satu-satunya pengecualian adalah kehabisan waktu ketika lawan tidak memiliki sarana untuk menang di papan, dalam hal ini permainan dinyatakan seri. Misalnya, jika putih memiliki raja dan ratu dan kehabisan waktu, sedangkan hitam hanya memiliki raja tunggal, permainan ditarik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *